cover
Contact Name
Keni
Contact Email
keni@fe.untar.ac.id
Phone
+6281807302521
Journal Mail Official
jmkfeuntar@untar.ac.id
Editorial Address
Universitas Tarumanagara Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus 2 Universitas Tarumanagara Jln. Tanjung Duren Utara No. 1, Grogol, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11470
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan
ISSN : -     EISSN : 26570025     DOI : 10.24912/jmk
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan e-ISSN 2657-0025 is a collection of articles created by students of Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tarumanagara, as a requirement to achieve Bachelor of Economics degree. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan is published every year on January, April, June, and October by Management Study Program of Faculty of Economics and Business Universitas Tarumanagara. The articles provides researches’ findings on various topics in Management, especially Human Resource Management, Entrepreneurship, Marketing Management, and Financial Management. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan contains article with topics as follows: Marketing Management Financial Management Human Resource Management Entrepreneurship Other relevant topics about Management and Entrepreneurship
Articles 32 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 4 (2019): Oktober 2019" : 32 Documents clear
Pengaruh Jaringan Sosial, Kreativitas, Pengetahuan Pasar Kewirausahaan, Dan Alertness Terhadap Peluang Usaha Anastasia Delicia; Sarwo Edy Handoyo
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 4 (2019): Oktober 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i4.6547

Abstract

The purpose of this research is to know the impact of social networks, creativity, market entrepreneurship knowledge and alertness on business opportunities of tarumanagara university student. This study uses a sampling method is a non-probability sampling with the number of samples taken in the study were 150 respondents Tarumanagara University Faculty of Economics student. Data analysis method uses SEM (Structural Equation Modeling) with the SmartPLS program. The results of this study indicate that there are influences of social networks, creativity, entrepreneurial market knowledge, and alertness to business opportunities.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jaringan sosial, kreativitas, pengetahuan pasar kewirausahaan, dan alertness terhadap peluang usaha mahasiswa Ekonomi Universitas Tarumanagara. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ialah 150 responden mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Metode analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) dengan program SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh jaringan sosial, kreativitas, pengetahuan pasar kewirausahaan, dan alertness terhadap peluang usaha.
Prediksi E-Service Quality dan Trust Terhadap Kepuasan Pengguna: Word of Mouth Sebagai Variabel Mediasi Wendy Olivia Suherli; Keni Keni
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 4 (2019): Oktober 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i4.6552

Abstract

The purpose of this research is to examine whether 1) e-service quality and trust can predict consumer satisfaction, 2) e-service quality and trust can predict word of mouth, 3) word of mouth can predict consumer satisfaction and 4) word of mouth can mediate e-service quality and trust on consumer satisfaction. The samples are 155 respondents by online questionnaires with the nonprobability sampling technique with purposive sampling. Data processing techniques using structural equation modeling what using by SmartPLS.3.0. Overall, the result of this study are 1) e-service quality and trust can positively predict consumer satisfaction, 2) e-service quality and trust can positively predict word of mouth, 3) word of mouth can positively predict consumer satisfaction and 4) word of mouth can mediate the positive prediction of e-service quality and trust on consumer satisfaction.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah 1) pelayanan elektronik dan kepercayaan dapat memprediksi kepuasan pengguna, 2) pelayanan elektronik dan kepercayaan dapat memprediksi kata dari mulut pengguna, 3) kata dari mulut dapat memprediksi kepuasan pengguna dan 4) kata dari mulut dapat memediasi pelayanan elektronik dan kepercayaan pada kepuasan pengguna. Sampel penelitian adalah 155 responden dengan kuesioner online dengan teknik nonprobability sampling dengan purposive sampling. Teknik pengolahan data menggunakan pemodelan persamaan struktural oleh SmartPLS.3.0. Secara keseluruhan, hasil dari penelitian ini adalah 1) pelayanan elektronik dan kepercayaan dapat secara positif memprediksi kepuasan konsumen, 2) pelayanan elektronik dan kepercayaan dapat secara positif memprediksi kata dari mulut pengguna, 3) kata mulut dapat secara positif memprediksi kepuasan pengguna dan 4) kata dari mulut dapat memediasi prediksi positif pelayanan elektronik dan kepercayaan pada kepuasan pengguna.
Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Uniqlo di Jakarta Marsellina Marsellina; Herlina Budiono
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 4 (2019): Oktober 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i4.6565

Abstract

The purpose of this study is to find out 1) whether there is an influence of brand trust on customer satisfaction 2) whether there is an influence of brand image on customer satisfaction. The population in this study were Uniqlo customers in Jakarta. The sample used in this study is 100 Uniqlo customers respondents in Jakarta. The technique in sampling used is non-probability sampling with convenience sampling method. Overall the results of this study are 1) brand trust has a significant and positive effect on the  customers satisfaction of Uniqlo in Jakarta, 2) brand image has a significant and positive effect on the  customers satisfaction of Uniqlo in Jakarta.Tujuan penelitian ini adalah untul mengetahui 1) apakah terdapat pengaruh kepercayaan merek terhadap kepuasan pelanggan 2) apakah terdapat pengaruh citra merek terhadap kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Uniqlo di Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 100 responden pelanggan Uniqlo di Jakarta. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan metode pengambilan sampel convenience sampling. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini yaitu 1) kepercayaan merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan Uniqlo di Jakarta, 2) citra merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan Uniqlo di Jakarta. 
Perilaku Kewirausahaan Terwaralaba: Studi Pada Waralaba Makanan & Minuman di Jakarta Wijaya Pratama; Franky Selamat
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 4 (2019): Oktober 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i4.6571

Abstract

The purpose of this research is to find out franchisee’s entrepreneurial behavior of food and baverage franchise in Jakarta . Sample was selected using nonprobabiliy sampling method amounted to 30 respondents franchisee in Indonesia. Data were measured by Likert scale and analyzed with processing techniques using IBM SPSS 20 program. The result of this study shows that, 1) intrinsic and extrinsic goals are positive predictors that not significant on franchisee’s entrepreneurial behavior, 2) desire for autonomy are positive predictors that not significant on franchisee’s entrepreneurial behavior, 3) relational satisfaction are positive predictors that not significant on franchisee’s entrepreneurial behavior, 4) economic satisfaction are positive predictors that not significant on franchisee’s entrepreneurial behavior, 5) local competition are positive predictors that not significant on franchisee’s entrepreneurial behavior, 6) urban store location are positive predictors that not significant on franchisee’s entrepreneurial behavior. Several recommendations for research are presented based on conclusions and suggestions on the results of this study.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku kewirausahaan terwaralaba pada waralaba makanan dan minuman di Jakarta. Sampel dipilih menggunakan Teknik nonprobability sampling dengan jumlah 30 responden terwaralaba di Indonesia. Data diukur dengan skala Likert dan dianalisi dengan Teknik proses yang menggunakan program IBM SPSS 20. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) tujuan intrinsik dan ekstrinsik merupakan prediktor positif yang tidak signifikan terhadap perilaku kewirausahaan terwaralaba, 2) keinginan untuk otonomi merupakan prediktor positif yang tidak signifikan terhadap perilaku kewirausahaan terwaralaba, 3) kepuasan relasi merupakan prediktor positif yang tidak signifikan terhadap perilaku kewirausahaan terwaralaba, 4) kepuasan ekonomi merupakan prediktor positif yang tidak signifikan terhadap perilaku kewirausahaan terwaralaba, 5) pesaing lokal merupakan prediktor positif yang tidak signifikan terhadap perilaku kewirausahaan terwaralaba, 6) lokasi unit perkotaan merupakan prediktor positif yang tidak signifikan terhadap perilaku kewirausahaan terwaralaba. Beberapa rekomendasi untuk penelitian disajikan berdasarkan kesimpulan dan saran mengenai hasil penelitian ini.
Pengaruh Biaya Peralihan, Kualitas Layanan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kesetiaan Pelanggan Wenny Oentoro; Frangky Selamat
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 4 (2019): Oktober 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i4.6585

Abstract

This study is conducted to investigate and determine the effect of switching cost, service quality, and customer satisfaction to customer loyalty on cellular service provider users in Jakarta. The sampling technique used purposive sampling involving 100 cellular service provider users selected at random to be sampled. Data collection techniques were conducted using questionnaires distributed through Google Form. Data analysis techniques in this study using Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM) with data analysis tool using Smart PLS 3. The results of this study is switching cost, service quality, and customer satisfaction positively and significantly affect customer loyalty.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya peralihan, kualitas layanan, dan kepuasaan pelanggan terhadap kesetiaan pelanggan pengguna layanan seluler di Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan sampel sebanyak 100 pengguna layanan seluler. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan melalui Google Form. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dan Smart PLS 3 sebagai alat pengolah data. Hasil dari penelitian ini adalah biaya peralihan, kualitas layanan, dan kepuasaan pelanggan mempengaruhi kesetiaan pelanggan.
Pengaruh Financial Knowledge, Locus of Control dan Financial Self Efficacy Terhadap Financial Behavior Mery Henisa Putri; Ary Satria Pamungkas
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 4 (2019): Oktober 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i4.6591

Abstract

This study discusses Financial Knowledge, Locus of Control and Financial Self-Efficacy variables related to Financial Behavior. In this study, the research design used was descriptive research design. Regarding the population in this study were all members of Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya. The sample selection technique in this study was convenience sampling. The sample used in this study was a member of  Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya. The samples used in this study are 193 respondents in total that was collected using non-probability method. This study uses SmartPLS software version 3.2.8. Based on the results of hypothesis research, where the results of the Financial Knowledge variable have no influence, the Locus of Control variable has an influence and the Financial Self Efficacy variable has an influence on Financial Behavior in members of the Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel Financial Knowledge (Pengetahuan Keuangan), Locus of Control (Lokus Kendali) dan Financial Self Efficacy (Efikasi Diri Finansial) berpengaruh terhadap Financial Behavior. Dalam penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh anggota Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu anggota Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya. Jumlah anggota kepolisian yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini sebanyak 193 responden dengan menggunakan metode non probability. Penelitian ini menggunakan software SmartPLS versi 3.2.8. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian, dimana hasil variabel Financial Knowledge tidak memiliki pengaruh, variabel Locus of Control memiliki pengaruh dan variabel Financial Self Efficacy memiliki pengaruh terhadap Financial Behavior pada anggota Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya.
Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha Yang Dimediasi Efikasi Diri Mahasiswa Manajemen Ryan Aditya Chandra; Herlina Budiono
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 4 (2019): Oktober 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i4.6542

Abstract

The purpose of this study is to explain the effect of entrepreneurship education to entrepreneurial intention mediated by self-efficacy of students on Management Department, Faculty of Economics, Universitas Tarumanagara. The subject of this study is 118 students of Entrepreneurship Concentration, Management Department, who have taken Building and Managing Entrepreneurship Business or Business Planning and Simulation course. Data are collected using a questionnaire. Data collected are analyzed using linear multiple regression analysis using IBM SPSS 23 software. The results of this study indicate that there is an effect of entrepreneurship education to entrepreneurial intention and self-efficacy. In addition, there is an effect of self-efficacy to entrepreneurial intention. Furthermore, the results of this study indicate that self-efficacy mediates the relationship between entrepreneurship education and entrepreneurial intention.Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha yang dimediasi efikasi diri mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Subyek penelitian ini adalah 118 mahasiswa Jurusan Manajemen Konsentrasi Kewirausahaan dimana mereka sudah mengambil mata kuliah Membangun dan Mengelola Usaha Kewirausahaan atau Perencanaan dan Simulasi Bisnis. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis regresi linear ganda menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha dan efikasi diri. Selain itu, terdapat pengaruh efikasi diri terhadap niat berwirausaha. Lebih lanjut lagi, hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri memediasi kaitan antara pendidikan kewirausahaan dan niat berwirausaha.
Modal Kerja Dan Laba Ditahan Merupakan Prediktor Yang Positif Terhadap Laba Perusahaan Chynviony Hadi; Andi Wijaya
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 4 (2019): Oktober 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i4.6548

Abstract

The purpose of this research is to empirically examine working capital and retained earning as positive predictors of corporate profit at PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk. This is done by analyzing the correlation of independent variable (working capital and retained earning) to dependent variable (corporate gross profit) simultaneously and partially with quantitative descriptive research methods, is secondary data, financial statement analysis that are used to predict future conditions by taking into account trends that occur and study correlations to determine the magnitude of the relationships between variables examined. Which previously passed the test of four classic assumptions. The results of simultaneous empirical tests have a positive and significant correlation between the two independent variables with the dependent variable and partial test of retained earnings also positively and significantly correlated with the company’s gross profit, but working capital is negatively correlated and weakly significant with the company’s gross profit. This might be due to a very high increase in working capital in 2017.Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris modal kerja dan laba ditahan merupakan prediktor yang positif terhadap laba perusahaan pada PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk. Hal ini dilakukan dengan analisis hubungan variabel independen (modal kerja dan laba ditahan) terhadap variabel dependen (laba kotor perusahaan) secara bersama - sama dan parsial dengan metode riset deskriptif kuantitatif, yaitu analisis data sekunder laporan keuangan digunakan untuk meramalkan keadaan dimasa yang akan datang dengan memperhatikan kecenderungan – kecenderungan yang terjadi serta studi korelasi untuk menetapkan besaran hubungan antar variabel yang diteliti. Dimana sebelumnya telah lolos uji dari keempat asumsi klasik. Hasil uji empiris bersama - sama mempunyai korelasi yang positif serta signifikan antara kedua variabel independen dengan variabel dependen dan ujian parsial laba ditahan juga berkorelasi positif dan signifikan dengan laba kotor perusahaan, tetapi modal kerja berkorelasi negatif dan lemah signifikansinya dengan laba kotor perusahaan. Hal ini mungkin disebabkan adanya kenaikan yang sangat tinggi modal kerja pada tahun 2017.
Pengaruh Dukungan Publik, Kelembagaan, Jaringan Sosial, Bisnis, dan Kepribadian Terhadap Kinerja Kewirausahaan Michelle Monica; Hannes Widjaja
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 4 (2019): Oktober 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i4.6560

Abstract

This study aims to determine the effect of Public and Institutional Support, Social and Business Networks, and Personality on Entrepreneurial Performance in West Jakarta. The population in this study were food and beverage entrepreneurs in West Jakarta. The sampling method is done by non-probability sampling technique with purposive sampling. The method of data collection was done by distributing questionnaires to 70 respondents. Data processing uses SPSS version 22. From the test results it is found that social and business networks, and personality on entrepreneurial performance have a positive and significant influence on success in food and beverage entrepreneurship in West Jakarta. Whereas, Public and Institutional Support does not performance have a positive and significant influence partially.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dukungan Publik dan Kelembagaan,Jaringan Sosial dan Bisnis, dan Kepribadian terhadap Kinerja Kewirausahaan di Jakarta Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah wirausahawan/wati makan dan minuman di Jakarta Barat. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non – probability sampling dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 70 responden. Pengolahan data mengunakan SPSS versi 22. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa jaringan sosial dan bisnis, dan kepribadian memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesuksesan dalam berwirausaha Food&Beverage di Jakarta Barat. Sedangkan, dukungan publik dan kelembagaan tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial.
Pengaruh Stres Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Pada PT. Quadranplus di Jakarta Novieta Handani; Kurniati W. Andani
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 4 (2019): Oktober 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i4.6566

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze the effect of work stress and job satisfaction on turnover intention at PT. Quadranplus in Jakarta. The number of samples in this study was determined by means of total sampling, namely the sampling technique by taking all populations. The researcher distributed questionnaires to 60 PT Quadranplus employees. Data analysis using PLS SEM analysis 3.00. The results of the analysis concluded that work stress and job satisfaction had an effect on turnover intention at PT Quadranplus in Jakarta.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh stres kerja dan kepuasan kerja terhadap turnover intention pada PT. Quadranplus di Jakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cara total sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan mengambil semua populasi. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 60 karyawan PT Quadranplus. Analisis data menggunakan analisis SEM PLS 3.00.Hasil analisis menyimpulkanbahwa stres kerja dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap turnover intention pada PT Quadranplus di Jakarta.

Page 1 of 4 | Total Record : 32